Jumat, 08 April 2011

KISI-KISI SOAL UJIAN NASIONAL SMA/MA (PROGRAM BAHASA) TAHUN 2011


SALINAN

LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
NOMOR 46 TAHUN 2010 TANGGAL 31 DESEMBER 2010
KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011


C.  KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA

13. BAHASA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.




Membaca
Memahami secara kritis berbagai jenis wacana tulis/teks nonsastra dan nonteks (berbentuk grafik/tabel) artikel, tajuk rencana, laporan, karya ilmiah, teks esai, biografi, pidato, dan berbagai jenis paragraf (naratif, deskriptif, argumentatif, eksposisi, dan persuasif).

Menentukan isi, fakta, dan opini paragraf.
Menentukan rangkuman, kalimat pernyataan, dan kalimat pertanyaan sesuai dengan isi paragraf artikel.
Menentukan isi paragraf biografi.
Menentukan jawaban pertanyaan dan simpulan teks.
Menentukan masalah, opini, dan keberpihakan penulis tajuk rencana.
Menentukan pernyataan yang tepat dan simpulan isi grafik/tabel.
Menentukan persamaan isi dan gagasan penulis tajuk rencana/editorial.
Menentukan kalimat utama dan kalimat sumbang dalam paragraf.
Menentukan kalimat persuasif dalam teks pidato.
2.
Menulis
Mengungkapkan gagasan, pendapat, perasaan, informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi, argumentatif, persuasif, teks pidato, artikel, proposal, surat dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, dan karya ilmiah dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepaduan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata, dan menyunting berbagai jenis wacana tulis.
Melengkapi paragraf deskriptif yang rumpang.
Menyusun kalimat menjadi sebuah paragraf.
Menentukan kalimat penjelas sesuai dengan topik paragraf eksposisi.
Melengkapi paragraf rumpang.
Menentukan rangkuman dialog.
Menentukan simpulan dalam notulen.
Memperbaiki kalimat yang tidak efektif dalam karya ilmiah.
Memperbaiki kalimat yang tidak tepat dalam surat lamaran pekerjaan.
Menentukan kalimat efektif dalam karya tulis.
3.
Kebahasaan
Menguasai berbagai komponen kebahasaan dalam berbagai bentuk tulisan.
Menggunakan kata baku, kata berimbuhan, frasa.
Menentukan pola kalimat.
Melengkapi kalimat dengan klausa.
Menggunakan kata majemuk, kata bermakna konotasi, kata bermakna kias, dan kata bermakna umum/khusus dalam kalimat, perubahan makna.
Memperbaiki ragam kalimat yang tidak resmi menjadi kalimat resmi.
Menyusun kalimat menjadi paragraf yang kohesif dan koheren.


14.  BAHASA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS/KEAGAMAAN)

NO.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.
Membaca
Memahami secara kritis berbagai jenis wacana tulis teks nonsastra berbentuk grafik, tabel, artikel, tajuk rencana, laporan, karya ilmiah, teks pidato, berbagai jenis paragraf (naratif, deskripsif, argumentatif, persuasif, dan eksposisi), serta teks sastra berbentuk puisi, hikayat, cerpen, drama, novel, biografi, karya sastra berbagai angkatan, dan sastra Melayu Klasik.
Menentukan unsur-unsur paragraf suatu artikel.
Menentukan isi paragraf biografi.
Menentukan isi paragraf, simpulan paragraf, dan arti istilah/kata dalam paragraf.
Menentukan opini dalam tajuk rencana.
Menentukan isi dan simpulan grafik, diagram, atau tabel.
Menentukan unsur intrinsik dan isi hikayat sastra Melayu Klasik.
Menentukan unsur intrinsik cerpen/novel.
Menentukan masalah dan amanat dalam drama.
Menentukan maksud gurindam.
Menentukan unsur intrinsik puisi.
Menentukan isi kutipan esai.
2.
Menulis
Menulis, menyunting dan menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi, argumentatif, teks pidato, artikel/esai, proposal, surat dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, resensi, karya ilmiah, dan bebagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, drama, novel, kritik, dan esai dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata, dan penggunaan bahasa
Melengkapi paragraf dengan kata penghubung.
Menentukan kata serapan untuk melengkapi paragraf.
Melengkapi paragraf dengan kata baku.
Melengkapi paragraf dengan kata berimbuhan.
Melengkapi paragraf dengan kalimat deskripsi.
Melengkapi paragraf deskripsi dengan frasa.
Melengkapi paragaf analogi dengan simpulan.
Menentukan simpulan generalisasi.
Melengkapi paragraf sebab-akibat.
Melengkapi silogisme dengan kalimat yang tepat.
Melengkapi paragraf narasi.
Menyusun paragraf padu.
Melengkapi teks pidato dengan kalimat persuasif.
Menentukan kalimat dalam latar belakang karya tulis.
Memperbaiki struktur kalimat yang salah.
Menentukan kalimat yang tepat dalam karya tulis.
Menentukan penulisan judul karya tulis yang tepat.
Menentukan kalimat yang sesuai dengan konteks surat (isi dan bagian/struktur) dan penulisan surat lamaran pekerjaan.
Menentukan kalimat resensi dan alasannya.
Melengkapi puisi dengan larik yang bermajas.
Melengkapi dialog teks drama.
Menentukan kalimat kritik sastra.
Menyusun kalimat dalam surat resmi (surat undangan).
Melengkapi paragraf dengan peribahasa.
Melengkapi paragraf esai sastra.


15. SASTRA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.




Membaca
Memahami secara kritis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik teks sastra berbentuk cerpen, novel, drama, hikayat, dan puisi.
Menentukan unsur-unsur intrinsik novel/cerpen.
Menentukan unsur-unsur intrinsik drama.
Menentukan isi hikayat (legenda, mite, sage, atau fabel).
Menganalisis isi dan penggunaan bahasa dalam puisi.
Menentukan unsur ekstrinsik novel/hikayat/cerpen.
2.
Menulis
Menulis dan menyunting puisi, cerpen, drama hikayat; menulis esai dan kritik sastra; menulis resensi; menulis aksara Arab Melayu.
Menentukan penulisan kata dalam aksara Arab Melayu dan mengubah tulisan dalam aksara Arab Melayu ke dalam aksara Latin atau sebaliknya.
Melengkapi puisi dengan memperhatikan majas, diksi, dan rima.
Menentukan maksud puisi.
Melengkapi kutipan cerpen.
Memperbaiki kalimat yang tidak padu dalam kutipan cerpen.
Menyusun kalimat resensi.
Menentukan resensi beserta alasannya.
Melengkapi dialog drama.
Menentukan kalimat esai sastra.
Menentukan kalimat kritik sastra.
3.
Kesastraan
Mengapresiasi komponen-komponen kesastraan dalam penelaahan berbagai karya sastra.
Menganalisis isi dan unsur intrinsik/ekstrinsik puisi.
Menentukan makna peribahasa dan ungkapan dalam novel/teks drama.
Menganalisis komponen kesastraan teks naratif.


16. BAHASA INGGRIS SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS/BAHASA/KEAGAMAAN)

NO.
STANDAR  KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.
Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal dalam bentuk teks fungsional pendek, recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition, explanation, discussion, dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat dari percakapan lisan interpersonal/transaksional yang diperdengarkan.
Merespon /melengkapi  dengan ungkapan rasa tak percaya/puas/tidak puas/menyatakan/meminta pendapat/berjanji/ungkapan harapan dari percakapan lisan interpersonal/transaksional yang diperdengarkan.
Menentukan gambar yang sesuai dengan percakapan  dari percakapan lisan interpersonal/transaksional  yang diperdengarkan.
Menentukan gambar yang sesuai dengan teks dari teks monolog yang diperdengarkan.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat dari teks   monolog yang diperdengarkan.
2.
Membaca
Memahami makna dalam wacana tertulis secara formal maupun informal dalam bentuk teks fungsional pendek, recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition, explanation, discussion, dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menentukan gambaran umum/rujukan kata/ makna kata dalam teks dari sebuah teks fungsional pendek berupa message yang disajikan .
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat dalam  sebuah teks dari teks fungsional pendek berupa announcement yang disajikan.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/makna kata dalam sebuah teks dari teks fungsional pendek berbentuk advertisement/brochure yang disajikan.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu, informasi rinci tersurat/makna kata/frasa dari sebuah teks berbentuk news item yang disajikan.
Menentukan informasi tertentu/pikiran utama paragraf/informasi tersirat/makna kata/frasa dari dalam teks berbentuk recount yang disajikan.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/tujuan komunikatif/makna kata/frasa dari sebuah teks berbentuk explanation yang disajikan.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/pikiran utama paragraf/informasi rinci tersurat/tersirat/makna kata/frasa dari dalam teks berbentuk analytical hortatory/ exposition yang disajikan.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/makna kata/frasa dari sebuah teks berbentuk discussion yang disajikan.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/makna kata/frasa dari sebuah teks berbentuk review yang disajikan.


17.   BAHASA ARAB SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO.
STANDAR  KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.
Membaca
Memahami wacana tulis berbentuk paparan, dialog sederhana, atau berdasarkan gambar/bagan/denah.
Menentukan tema bacaan.
Menentukan informasi yang terkandung dalam bacaan.

Menjawab salam perkenalan
Menyebutkan sinonim kosa kata.

Menyebutkan antonim kosa kata.

Menentukan jenis hobi/kegemaran berdasarkan gambar.

Mengungkapkan tempat suatu kegiatan.

Menentukan tujuan/arah wisata berdasarkan bacaan.

Menentukan jam keberangkatan dan kedatangan pesawat berdasarkan gambar.

Menentukan jenis profesi berdasarkan bacaan.

Menentukan jabatan organisasi seseorang berdasarkan gambar tentang kehidupan sekolah.

Menentukan pokok pikiran dari suatu bacaan.

Menentukan status anggota keluarga berdasarkan gambar.

Mengidentifikasi fiil madhi.

Mengidentifikasi fiil mudhori’.

Menentukan jenis hobi/kegemaran berdasarkan percakapan.

Menentukan judul suatu bacaan.
2.
Menulis
Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan, dialog sederhana, atau berdasarkan gambar/bagan/ denah.
Mengungkapkan kosa kata berdasarkan gambar.

Menggunakan huruf jar.

Melengkapi kalimat yang rumpang dalam susunan kalimat.

Menggunakan bentuk isim mufrad, tatsniyah dan jama’.

Menggunakan kalimat Mudzakkar maupun Muannats dalam susunan kalimat.

Mengungkapkan salam perjumpaan.

Membuat pertanyaan sekitar menanyakan kabar.

Menginformasikan alamat.

Memperkenalkan diri dan orang lain.

Menyusun kalimat yang diacak menjadi benar.

Memperkenalkan nama sekolah.

Menggunakan isim isyaroh.

Menggunakan beberapa kata tanya/istifham.

Menggunakan fiil amar.

Menggunakan kalimat Af’al Tafdhil.

Menggunakan dhorof zaman dan makan.

Menggunakan na’at (sifat).

Melengkapi kalimat rumpang dalam kegiatan kantor pos atau rumah sakit.

18. BAHASA JEPANG SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO.
STANDAR  KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.
Membaca
Memahami berbagai kalimat dan ragam wacana tulis sederhana dalam bentuk paparan atau dialog tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, kegemaran, pariwisata, kesehatan dan cita-cita yang ditulis dalam huruf kana (hiragana, katakana) dan beberapa huruf kanji.
Menentukan berbagai informasi dari wacana tulis.
Menentukan simpulan dari wacana.
Menentukan tema wacana.
Menentukan makna kata.
Menentukan arti kata yang ditulis dengan huruf kanji.
2.
Menulis
Mengungkapkan pendapat, perasaan/pikiran dan informasi secara tertulis dengan menggunakan ungkapan komunikatif, kosakata dan struktur pada kalimat yang tepat tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, kegemaran, pariwisata, kesehatan dan cita-cita yang ditulis dalam huruf kana (hiragana, katakana) dan beberapa huruf kanji.
Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat sesuai konteks.
Menentukan partikel sesuai konteks.
Melengkapi kalimat dengan ungkapan komunikatif.
Menyusun kalimat sesuai konteks.
Menentukan pernyataan sesuai gambar.
Menentukan huruf kanji dari kata yang ditulis huruf hiragana.
Menentukan kata dalam huruf hiragana dari kata yang ditulis huruf kanji.


19. BAHASA JERMAN SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO.
STANDAR  KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.
Membaca
Memahami berbagai ragam wacana sederhana dalam bentuk paparan dan atau dialog tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobby dan waktu senggang, wisata, layanan umum dan pekerjaan.
Menentukan bentuk atau tema wacana.

Menentukan informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis.

Menentukan makna kata, frasa atau kalimat sesuai konteks.

Menyimpulkan isi wacana tulis.
2.
Menulis
Mengungkapkan pendapat, perasaan dan pikiran secara tertulis dengan menggunakan ungkapan komunikatif, kosa kata dan struktur/pola kalimat yang tepat tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobby dan waktu senggang, wisata, layanan umum dan pekerjaan.
Melengkapi percakapan atau pernyataan dengan ungkapan komunikatif, kosa kata atau struktur/pola kalimat sederhana sesuai konteks.

Menentukan gambar, denah tabel dll, sesuai konteks.

Menyusun kalimat acak menjadi sebuah dialog atau paragraf yang padu.


20. BAHASA PRANCIS SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO.
STANDAR  KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.
Membaca
Memahami berbagai ragam wacana tulis sederhana dalam bentuk paparan dan atau dialog tentang identitas diri, kehidupan sekolah, hobi, kegiatan sehari-hari, kehidupan keluarga, pekerjaan, wisata, dan layanan umum.
Menentukan informasi tersurat atau tersirat dari sebuah wacana tulis/tabel/gambar.

Menentukan simpulan dari sebuah wacana tulis.

Menentukan sinonim, antonim dari kata yang diberikan berdasarkan konteks .
2.
Menulis
Mengungkapkan pendapat, perasaan, dan pikiran secara tertulis dengan menggunakan ungkapan komunikatif, kosa kata dan struktur/pola kalimat tentang identitas diri, kehidupan sekolah, hobi, kegiatan sehari-hari, kehidupan keluarga, pekerjaan, wisata, dan layanan umum.
Melengkapi percakapan dengan ungkapan komunikatif.

Melengkapi percakapan yang menyatakan kala.

Menentukan tata bahasa yang benar sesuai dengan konteks.

Menentukan kalimat negatif/interogatif sesuai dengan konteks.

Menentukan gambar yang sesuai dengan kalimat yang menyatakan keadaan suatu benda, seseorang atau peristiwa.

Menentukan kalimat pernyataan yang sesuai dengan gambar yang diberikan.


21. BAHASA MANDARIN SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO.
STANDAR  KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.
Membaca
Memahami berbagai ragam wacana tulis sederhana dalam bentuk paparan dan atau dialog tentang identitas diri/kehidupan sekolah/kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, kegemaran, wisata, pekerjaan, dan layanan umum.
Menentukan Hanyu Pinyin yang tepat untuk kata dan atau frasa yang digaris bawahi dalam sebuah kalimat.
Menentukan kata ganti, kata depan, kata sambung, kata bantu, keterangan waktu dan atau bilangan yang tepat pada suatu kalimat dalam bentuk kalimat positif/negatif/interogatif.
Menentukan kata benda, kata kerja, kata sifat dan atau kata bantu bilangan yang tepat pada suatu kalimat dalam bentuk kalimat positif/negatif/ introgatif.
Menentukan kalimat yang tepat sesuai dengan kaidah struktur bahasa Mandarin.
Menentukan kalimat komunikatif yang tepat untuk melengkapi dialog tertentu.
Menentukan frasa dan atau kalimat yang tepat sesuai gambar yang disajikan.
Menentukan informasi dari sebuah wacana tulis sederhana.
2.
Menulis
Mengungkapkan pendapat, perasaan, dan pikiran secara tertulis dengan menggunakan ungkapan komunikatif, kosa kata, dan struktur/pola kalimat yang tepat, tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, kegemaran, wisata, pekerjaan dan layanan umum.
Menentukan jumlah bihua yang tepat berdasarkan Hanzi yang diberikan.
Menentukan Hanzi yang tepat berdasarkan bushou yang diberikan.
Menentukan Hanzi yang tepat sesuai dengan Hanyu pinyin yang terdapat dalam suatu kalimat bertuliskan aksara Han.


22. MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)

NO.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.
Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkarannya, menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk serta menggunakan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah.
Menentukan pernyataan yang diperoleh dari penarikan kesimpulan dari dua premis yang diberikan.
2.
Memahami masalah yang berkaitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, persamaan lingkaran dan persamaan garis singgungnya, suku banyak, sistem persamaan linear, program linear, matriks, vektor, transformasi geometri, barisan dan deret, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Menggunakan aturan pangkat dan akar untuk menyederhanakan bentuk aljabar.
Menyelesaikan persamaan logaritma.
Menggunakan diskriminan untuk menyelesaikan masalah persamaan atau fungsi kuadrat.
Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat untuk menentukan unsur yang belum diketahui  dari persamaan kuadrat.
Menentukan persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya berelasi linear dengan akar-akar persamaan kuadrat yang diketahui.
Menentukan persamaan garis singgung lingkaran.
Menentukan komposisi dua fungsi atau fungsi invers.
Menggunakan aturan teorema sisa atau teorema faktor.
Menyelesaikan masalah sistem persamaan linear.
Menyelesaikan masalah program linear.
Menyelesaikan operasi matriks.
Menentukan sudut antara dua vektor.
Menentukan panjang proyeksi atau vektor proyeksi.
Menentukan bayangan titik atau garis karena dua transformasi.
Menentukan fungsi invers dari fungsi eksponen atau logaritma.
Menentukan suku ke-n dari deret aritmetika.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan deret aritmetika atau geometri.
3.
Memahami sifat dan atau geometri dalam menentukan kedudukan titik, garis, dan bidang, jarak dan sudut.
Menghitung jarak dan sudut antara dua objek (titik, garis dan bidang) di ruang.
4.
Memahami konsep perbandingan fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri, melakukan manipulasi aljabar untuk menyusun bukti serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Menggunakan aturan sinus atau kosinus untuk menghitung unsur pada segi banyak.
Menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan aturan sinus dan kosinus.
Menyelesaikan himpunan penyelesaian persamaan trigonometri.
Menghitung nilai perbandingan trigonometri dengan menggunakan rumus jumlah dan selisih dua sudut serta jumlah dan selisih sinus, kosinus dan tangen.
5.
Memahami konsep limit, turunan dan integral dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Menghitung nilai limit fungsi aljabar dan fungsi trigonometri.
Menentukan penyelesaian dari soal aplikasi turunan fungsi.
Menghitung integral tak tentu dan integral tertentu fungsi aljabar dan fungsi trigonometri.
Menghitung luas daerah dan volume benda putar dengan menggunakan integral.
6.
Mengolah, menyajikan dan menafsirkan data, memahami kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi dan peluang kajadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Menghitung ukuran pemusatan dari suatu data dalam bentuk tabel, diagram, atau grafik.
Menggunakan kaidah pencacahan, permutasi atau kombinasi untuk menyelesaikan masalah yang terkait.
Menghitung peluang suatu kejadian.


23.  MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPS/KEAGAMAAN)

NO.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.
Memahami pernyataan dan ingkarannya, menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk, serta menggunakan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan penarikan kesimpulan.
Menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan majemuk
Menentukan ingkaran suatu pernyataan majemuk.
Menentukan kesimpulan dari beberapa premis.
2.
Memahami konsep yang berkaitan dengan atura pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, sistem persamaan linear, program linear, matriks, barisan dan deret, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Menyederhanakan hasil operasi bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
Menentukan unsur-unsur grafik fungsi kuadrat.
Menentukan persamaan grafik fungsi kuadrat.
Menentukan fungsi invers dari fungsi sederhana.
Menentukan hasil operasi aljabar akar-akar persamaan kuadrat.
Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat.
Menentukan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel.
Menentukan nilai optimum fungsi obyektif dari daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear.
Merancang atau menyelesaikan model matematika dari masalah program linear.
Menyelesaikan masalah matriks yang berkaitan dengan kesamaan, determinan, atau invers matriks.
Menentukan suku ke- atau jumlah n suku pertama deret aritmetika.
Menentukan suku ke-n atau jumlah n suku pertama deret geometri.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmetika.
3.
Memahami limit dan turunan dari fungsi aljabar serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Menghitung nilai limit fungsi aljabar.
Menentukan turunan fungsi aljabar.
Menentukan aplikasi turunan fungsi aljabar.
4.
Mengolah, menyajikan, menafsirkan data, dan memahami kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi dan peluang kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kaidah pencacahan, permutasi, atau kombinasi.
Menentukan frekuensi harapan suatu kejadian.
Menentukan peluang suatu kejadian.
Membaca data pada diagram lingkaran atau batang.
Menghitung nilai ukuran pemusatan dari data kelompok dalam bentuk tabel atau diagram.
Menentukan ukuran penyebaran data tunggal.


24. MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.
Memahami pernyataan dan ingkarannya, menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk, serta menggunakan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan penarikan kesimpulan.
Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan majemuk.
Menentukan pernyataan yang ekuivalen dengan pernyataan tertentu.
Menentukan kesimpulan dari beberapa premis.
2.
Memahami konsep yang berkaitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, sistem persamaan linear, program linear, matriks, barisan dan deret, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Menentukan hasil operasi bentuk pangkat, akar, dan logaritma dengan menggunakan sifat-sifatnya.
Menentukan unsur-unsur grafik fungsi kuadrat.
Menentukan persamaan grafik fungsi kuadrat.
Menentukan hasil operasi aljabar akar-akar persamaan kuadrat.
Menentukan persamaan kuadrat baru.
Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat.
Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel.
Menentukan sistem pertidaksamaan linear dari daerah penyelesaian.
Merancang atau menyelesaikan model matematika dari masalah program linear.
Menentukan nilai optimum suatu fungsi objektif dari sistem pertidaksamaan linear.
Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan sifat-sifat, operasi, determinan, atau invers matriks.
Menentukan suku ke-n atau jumlah n suku pertama dari deret aritmetika maupun deret geometri.
Menyelesaikan masalah sederhana yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmetika.
3.
Mengolah, menyajikan, dan menafsirkan data dan memahami kaidah pencacahan, permutasi, dan kombinasi, dan peluang kejadian, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kaidah pencacahan, permutasi, atau kombinasi.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian.
Menentukan unsur-unsur pada diagram lingkaran atau batang.
Menentukan ukuran pemusatan dari data pada tabel atau diagram.
Menentukan ukuran letak dari data pada tabel.
Menentukan ukuran penyebaran dari data tunggal.



Tidak ada komentar: