Sabtu, 09 April 2011

KISI-KISI SOAL UJIAN NASIONAL SMA/MA (PROGRAM BAHASA) TAHUN 2011

SALINAN
LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
NOMOR 46 TAHUN 2010 TANGGAL 31 DESEMBER 2010
KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011




C.  KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA

13. BAHASA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.




Membaca
Memahami secara kritis berbagai jenis wacana tulis/teks nonsastra dan nonteks (berbentuk grafik/tabel) artikel, tajuk rencana, laporan, karya ilmiah, teks esai, biografi, pidato, dan berbagai jenis paragraf (naratif, deskriptif, argumentatif, eksposisi, dan persuasif).

Menentukan isi, fakta, dan opini paragraf.
Menentukan rangkuman, kalimat pernyataan, dan kalimat pertanyaan sesuai dengan isi paragraf artikel.
Menentukan isi paragraf biografi.
Menentukan jawaban pertanyaan dan simpulan teks.
Menentukan masalah, opini, dan keberpihakan penulis tajuk rencana.
Menentukan pernyataan yang tepat dan simpulan isi grafik/tabel.
Menentukan persamaan isi dan gagasan penulis tajuk rencana/editorial.
Menentukan kalimat utama dan kalimat sumbang dalam paragraf.
Menentukan kalimat persuasif dalam teks pidato.
2.
Menulis
Mengungkapkan gagasan, pendapat, perasaan, informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi, argumentatif, persuasif, teks pidato, artikel, proposal, surat dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, dan karya ilmiah dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepaduan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata, dan menyunting berbagai jenis wacana tulis.
Melengkapi paragraf deskriptif yang rumpang.
Menyusun kalimat menjadi sebuah paragraf.
Menentukan kalimat penjelas sesuai dengan topik paragraf eksposisi.
Melengkapi paragraf rumpang.
Menentukan rangkuman dialog.
Menentukan simpulan dalam notulen.
Memperbaiki kalimat yang tidak efektif dalam karya ilmiah.
Memperbaiki kalimat yang tidak tepat dalam surat lamaran pekerjaan.
Menentukan kalimat efektif dalam karya tulis.
3.
Kebahasaan
Menguasai berbagai komponen kebahasaan dalam berbagai bentuk tulisan.
Menggunakan kata baku, kata berimbuhan, frasa.
Menentukan pola kalimat.
Melengkapi kalimat dengan klausa.
Menggunakan kata majemuk, kata bermakna konotasi, kata bermakna kias, dan kata bermakna umum/khusus dalam kalimat, perubahan makna.
Memperbaiki ragam kalimat yang tidak resmi menjadi kalimat resmi.
Menyusun kalimat menjadi paragraf yang kohesif dan koheren.



15. SASTRA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.




Membaca
Memahami secara kritis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik teks sastra berbentuk cerpen, novel, drama, hikayat, dan puisi.
Menentukan unsur-unsur intrinsik novel/cerpen.
Menentukan unsur-unsur intrinsik drama.
Menentukan isi hikayat (legenda, mite, sage, atau fabel).
Menganalisis isi dan penggunaan bahasa dalam puisi.
Menentukan unsur ekstrinsik novel/hikayat/cerpen.
2.
Menulis
Menulis dan menyunting puisi, cerpen, drama hikayat; menulis esai dan kritik sastra; menulis resensi; menulis aksara Arab Melayu.
Menentukan penulisan kata dalam aksara Arab Melayu dan mengubah tulisan dalam aksara Arab Melayu ke dalam aksara Latin atau sebaliknya.
Melengkapi puisi dengan memperhatikan majas, diksi, dan rima.
Menentukan maksud puisi.
Melengkapi kutipan cerpen.
Memperbaiki kalimat yang tidak padu dalam kutipan cerpen.
Menyusun kalimat resensi.
Menentukan resensi beserta alasannya.
Melengkapi dialog drama.
Menentukan kalimat esai sastra.
Menentukan kalimat kritik sastra.
3.
Kesastraan
Mengapresiasi komponen-komponen kesastraan dalam penelaahan berbagai karya sastra.
Menganalisis isi dan unsur intrinsik/ekstrinsik puisi.
Menentukan makna peribahasa dan ungkapan dalam novel/teks drama.
Menganalisis komponen kesastraan teks naratif.



16. BAHASA INGGRIS SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS/BAHASA/KEAGAMAAN)

NO
STANDAR  KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.
Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal dalam bentuk teks fungsional pendek, recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition, explanation, discussion, dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat dari percakapan lisan interpersonal/transaksional yang diperdengarkan.
Merespon /melengkapi  dengan ungkapan rasa tak percaya/puas/tidak puas/menyatakan/meminta pendapat/berjanji/ungkapan harapan dari percakapan lisan interpersonal/transaksional yang diperdengarkan.
Menentukan gambar yang sesuai dengan percakapan  dari percakapan lisan interpersonal/transaksional  yang diperdengarkan.
Menentukan gambar yang sesuai dengan teks dari teks monolog yang diperdengarkan.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat dari teks   monolog yang diperdengarkan.
2.
Membaca
Memahami makna dalam wacana tertulis secara formal maupun informal dalam bentuk teks fungsional pendek, recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition, explanation, discussion, dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menentukan gambaran umum/rujukan kata/ makna kata dalam teks dari sebuah teks fungsional pendek berupa message yang disajikan .
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat dalam  sebuah teks dari teks fungsional pendek berupa announcement yang disajikan.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/makna kata dalam sebuah teks dari teks fungsional pendek berbentuk advertisement/brochure yang disajikan.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu, informasi rinci tersurat/makna kata/frasa dari sebuah teks berbentuk news item yang disajikan.
Menentukan informasi tertentu/pikiran utama paragraf/informasi tersirat/makna kata/frasa dari dalam teks berbentuk recount yang disajikan.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/tujuan komunikatif/makna kata/frasa dari sebuah teks berbentuk explanation yang disajikan.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/pikiran utama paragraf/informasi rinci tersurat/tersirat/makna kata/frasa dari dalam teks berbentuk analytical hortatory/ exposition yang disajikan.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/makna kata/frasa dari sebuah teks berbentuk discussion yang disajikan.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/makna kata/frasa dari sebuah teks berbentuk review yang disajikan.



17.   BAHASA ARAB SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO
STANDAR  KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.
Membaca
Memahami wacana tulis berbentuk paparan, dialog sederhana, atau berdasarkan gambar/bagan/denah.
Menentukan tema bacaan.
Menentukan informasi yang terkandung dalam bacaan.

Menjawab salam perkenalan
Menyebutkan sinonim kosa kata.

Menyebutkan antonim kosa kata.

Menentukan jenis hobi/kegemaran berdasarkan gambar.

Mengungkapkan tempat suatu kegiatan.

Menentukan tujuan/arah wisata berdasarkan bacaan.

Menentukan jam keberangkatan dan kedatangan pesawat berdasarkan gambar.

Menentukan jenis profesi berdasarkan bacaan.

Menentukan jabatan organisasi seseorang berdasarkan gambar tentang kehidupan sekolah.

Menentukan pokok pikiran dari suatu bacaan.

Menentukan status anggota keluarga berdasarkan gambar.

Mengidentifikasi fiil madhi.

Mengidentifikasi fiil mudhori’.

Menentukan jenis hobi/kegemaran berdasarkan percakapan.

Menentukan judul suatu bacaan.
2.
Menulis
Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan, dialog sederhana, atau berdasarkan gambar/bagan/ denah.
Mengungkapkan kosa kata berdasarkan gambar.

Menggunakan huruf jar.

Melengkapi kalimat yang rumpang dalam susunan kalimat.

Menggunakan bentuk isim mufrad, tatsniyah dan jama’.

Menggunakan kalimat Mudzakkar maupun Muannats dalam susunan kalimat.

Mengungkapkan salam perjumpaan.

Membuat pertanyaan sekitar menanyakan kabar.

Menginformasikan alamat.

Memperkenalkan diri dan orang lain.

Menyusun kalimat yang diacak menjadi benar.

Memperkenalkan nama sekolah.

Menggunakan isim isyaroh.

Menggunakan beberapa kata tanya/istifham.

Menggunakan fiil amar.

Menggunakan kalimat Af’al Tafdhil.

Menggunakan dhorof zaman dan makan.

Menggunakan na’at (sifat).

Melengkapi kalimat rumpang dalam kegiatan kantor pos atau rumah sakit.

18. BAHASA JEPANG SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO
STANDAR  KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.
Membaca
Memahami berbagai kalimat dan ragam wacana tulis sederhana dalam bentuk paparan atau dialog tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, kegemaran, pariwisata, kesehatan dan cita-cita yang ditulis dalam huruf kana (hiragana, katakana) dan beberapa huruf kanji.
Menentukan berbagai informasi dari wacana tulis.
Menentukan simpulan dari wacana.
Menentukan tema wacana.
Menentukan makna kata.
Menentukan arti kata yang ditulis dengan huruf kanji.
2.
Menulis
Mengungkapkan pendapat, perasaan/pikiran dan informasi secara tertulis dengan menggunakan ungkapan komunikatif, kosakata dan struktur pada kalimat yang tepat tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, kegemaran, pariwisata, kesehatan dan cita-cita yang ditulis dalam huruf kana (hiragana, katakana) dan beberapa huruf kanji.
Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat sesuai konteks.
Menentukan partikel sesuai konteks.
Melengkapi kalimat dengan ungkapan komunikatif.
Menyusun kalimat sesuai konteks.
Menentukan pernyataan sesuai gambar.
Menentukan huruf kanji dari kata yang ditulis huruf hiragana.
Menentukan kata dalam huruf hiragana dari kata yang ditulis huruf kanji.



19. BAHASA JERMAN SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO
STANDAR  KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.
Membaca
Memahami berbagai ragam wacana sederhana dalam bentuk paparan dan atau dialog tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobby dan waktu senggang, wisata, layanan umum dan pekerjaan.
Menentukan bentuk atau tema wacana.

Menentukan informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis.

Menentukan makna kata, frasa atau kalimat sesuai konteks.

Menyimpulkan isi wacana tulis.
2.
Menulis
Mengungkapkan pendapat, perasaan dan pikiran secara tertulis dengan menggunakan ungkapan komunikatif, kosa kata dan struktur/pola kalimat yang tepat tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobby dan waktu senggang, wisata, layanan umum dan pekerjaan.
Melengkapi percakapan atau pernyataan dengan ungkapan komunikatif, kosa kata atau struktur/pola kalimat sederhana sesuai konteks.

Menentukan gambar, denah tabel dll, sesuai konteks.

Menyusun kalimat acak menjadi sebuah dialog atau paragraf yang padu.



20. BAHASA PRANCIS SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO
STANDAR  KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.
Membaca
Memahami berbagai ragam wacana tulis sederhana dalam bentuk paparan dan atau dialog tentang identitas diri, kehidupan sekolah, hobi, kegiatan sehari-hari, kehidupan keluarga, pekerjaan, wisata, dan layanan umum.
Menentukan informasi tersurat atau tersirat dari sebuah wacana tulis/tabel/gambar.

Menentukan simpulan dari sebuah wacana tulis.

Menentukan sinonim, antonim dari kata yang diberikan berdasarkan konteks .
2.
Menulis
Mengungkapkan pendapat, perasaan, dan pikiran secara tertulis dengan menggunakan ungkapan komunikatif, kosa kata dan struktur/pola kalimat tentang identitas diri, kehidupan sekolah, hobi, kegiatan sehari-hari, kehidupan keluarga, pekerjaan, wisata, dan layanan umum.
Melengkapi percakapan dengan ungkapan komunikatif.

Melengkapi percakapan yang menyatakan kala.

Menentukan tata bahasa yang benar sesuai dengan konteks.

Menentukan kalimat negatif/interogatif sesuai dengan konteks.

Menentukan gambar yang sesuai dengan kalimat yang menyatakan keadaan suatu benda, seseorang atau peristiwa.

Menentukan kalimat pernyataan yang sesuai dengan gambar yang diberikan.



21. BAHASA MANDARIN SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO
STANDAR  KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.
Membaca
Memahami berbagai ragam wacana tulis sederhana dalam bentuk paparan dan atau dialog tentang identitas diri/kehidupan sekolah/kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, kegemaran, wisata, pekerjaan, dan layanan umum.
Menentukan Hanyu Pinyin yang tepat untuk kata dan atau frasa yang digaris bawahi dalam sebuah kalimat.
Menentukan kata ganti, kata depan, kata sambung, kata bantu, keterangan waktu dan atau bilangan yang tepat pada suatu kalimat dalam bentuk kalimat positif/negatif/interogatif.
Menentukan kata benda, kata kerja, kata sifat dan atau kata bantu bilangan yang tepat pada suatu kalimat dalam bentuk kalimat positif/negatif/ introgatif.
Menentukan kalimat yang tepat sesuai dengan kaidah struktur bahasa Mandarin.
Menentukan kalimat komunikatif yang tepat untuk melengkapi dialog tertentu.
Menentukan frasa dan atau kalimat yang tepat sesuai gambar yang disajikan.
Menentukan informasi dari sebuah wacana tulis sederhana.
2.
Menulis
Mengungkapkan pendapat, perasaan, dan pikiran secara tertulis dengan menggunakan ungkapan komunikatif, kosa kata, dan struktur/pola kalimat yang tepat, tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, kegemaran, wisata, pekerjaan dan layanan umum.
Menentukan jumlah bihua yang tepat berdasarkan Hanzi yang diberikan.
Menentukan Hanzi yang tepat berdasarkan bushou yang diberikan.
Menentukan Hanzi yang tepat sesuai dengan Hanyu pinyin yang terdapat dalam suatu kalimat bertuliskan aksara Han.



24. MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.
Memahami pernyataan dan ingkarannya, menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk, serta menggunakan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan penarikan kesimpulan.
Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan majemuk.
Menentukan pernyataan yang ekuivalen dengan pernyataan tertentu.
Menentukan kesimpulan dari beberapa premis.
2.
Memahami konsep yang berkaitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, sistem persamaan linear, program linear, matriks, barisan dan deret, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Menentukan hasil operasi bentuk pangkat, akar, dan logaritma dengan menggunakan sifat-sifatnya.
Menentukan unsur-unsur grafik fungsi kuadrat.
Menentukan persamaan grafik fungsi kuadrat.
Menentukan hasil operasi aljabar akar-akar persamaan kuadrat.
Menentukan persamaan kuadrat baru.
Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat.
Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel.
Menentukan sistem pertidaksamaan linear dari daerah penyelesaian.
Merancang atau menyelesaikan model matematika dari masalah program linear.
Menentukan nilai optimum suatu fungsi objektif dari sistem pertidaksamaan linear.
Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan sifat-sifat, operasi, determinan, atau invers matriks.
Menentukan suku ke-n atau jumlah n suku pertama dari deret aritmetika maupun deret geometri.
Menyelesaikan masalah sederhana yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmetika.
3.
Mengolah, menyajikan, dan menafsirkan data dan memahami kaidah pencacahan, permutasi, dan kombinasi, dan peluang kejadian, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kaidah pencacahan, permutasi, atau kombinasi.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian.
Menentukan unsur-unsur pada diagram lingkaran atau batang.
Menentukan ukuran pemusatan dari data pada tabel atau diagram.
Menentukan ukuran letak dari data pada tabel.
Menentukan ukuran penyebaran dari data tunggal.



31. ANTROPOLOGI SMA/MA (PROGRAM BAHASA)

NO
STANDAR  KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.
Mendeskripsikan berbagai budaya lokal, budaya asing dan hubungan antarbudaya, serta dampak dari keragaman budaya.
Memberi contoh wujud budaya lokal.
Mendeskripsikan berbagai pengaruh budaya asing.
Mendeskripsikan faktor penyebab perubahan budaya.
Mendeskripsikan pengaruh perubahan budaya bagi masyarakat.
Mendeskripsikan dampak keragaman budaya.
Mendeskripsikan cara penyelesaian masalah adanya keragaman budaya.
2.
Memahami proses dinamika budaya dalam kaitannya dengan integrasi nasional.
Menjelaskan pengertian dinamika budaya.
Mengidentifikasi faktor terjadinya dinamika budaya.
Mendeskripsikan dampak dinamika budaya.
Mendeskripsikan proses pewarisan budaya/akulturasi/asimilasi/difussi.
Mendeskripsikan proses integrasi nasional.
3.
Memahami peran bahasa, dialek, dan tradisi lisan  dalam perkembangan budaya Indonesia.
Menjelaskan fungsi bahasa.
Mendeskripsikan hubungan antara bahasa dengan dialek.
Mengidentifikasi ciri-ciri bahasa/dialek.
Mendeskripsikan terjadinya perbedaan bahasa/dialek.
Mengidentifikasi fungsi tradisi lisan.
Mengidentifikasi jenis-jenis tradisi lisan.
Mengidentifikasi ciri-ciri tradisi lisan.
Mendeskripsikan keragaman bahasa, dialek/tradisi lisan di Indonesia.
Memberi contoh tradisi lisan dalam perkembangan budaya Indonesia.
4.
Memahami keragaman dan perkembangan seni dalam budaya Indonesia (Seni rupa, seni sastra dan seni pertunjukkan).
Mendeskripsikan bentuk/keragaman seni rupa, seni sastra, dan seni pertunjukkan.
Mendeskripsikan perkembangan seni rupa, seni sastra dan pertunjukan.
Membedakan bentuk seni rupa, seni sastra, dan seni pertunjukkan.
5.
Memahami keragaman agama/religi/kepercayaan di Indonesia serta hubungannya dalam kehidupan masyarakat.
Mendeskripsikan berbagai agama/religi/kepercayaan di Indonesia.
Mendeskripsikan perbedaan antara agama, kepercayaan, dan religi.
Memberi contoh berbagai bentuk perilaku keagamaan di Indonesia.
6.
Mejelaskan peran dan penerapan iptek serta pengaruhnya terhadap perkembangan budaya Indonesia.
Mendeskripsikan proses perkembangan iptek di Indonesia.
Memberi contoh penerapan iptek di Indonesia.
Mendeskripsikan dampak perkembangan iptek di Indonesia bagi masyarakat.
Memberi contoh bentuk-bentuk/cara-cara pemecahan masalah dalam menghadapi perkembangan iptek di Indonesia.


Tidak ada komentar: