Jumat, 26 Desember 2008

APA ITU SCAMMER ?

Pernahkah anda tiba-tiba mendapat email dari orang yang sama sekali tidak anda kenal ? Jangan percaya begitu saja dengan apa yang dikatakan dalam mail mereka. Biasanya mereka menjelaskan bahwa mereka tahu alamat email anda dari profil yang mereka cari di web atau memang anda mengikuti dalam kontak-kontak tertentu sebagai awal untuk menjalin kontak. Tentu saja yang disampaikan adalah mengajak untuk berkenalan, dengan atau pura-pura mencari sahabat dan ada juga yang sedang pura-pura mencari pasangan untuk membuat sebuah perangkap.

Begitu email yang dikirimkan mendapat balasan dari anda , pada email yang berikutnya mereka menceriterakan bahwa mereka hidup sendirian karena orang tuanya telah meninggal. Ada yang meninggal karena kecelakaan pesawat terbang, tabrakan mobil, atau meninggal karena adanya perang saudara di negara mereka sehingga sekarang tinggal di kamp pengungsian di negara tetangga. Tujuanya adalah untuk mencari simpati dari anda dan yang lebih hebat lagi adalah dilampirkan juga foto-foto mereka, untuk menambah kepercayaan. Dijelaskan juga bahwa mereka punya deposito yang akan ditransfer ke rekening anda ( orang yang ada di luar negaranya ), dengan perjanjian sekian persen untuk diberikan pada anda dari sejumlah uang jutaan dolar amerika agar mereka bisa keluar dari ancaman yang terjadi di negaranya sekaligus bersedia untuk menjadi istri anda kalau anda masih sendirian. Apa ini nggak menarik bagi “kaum pria hidung belang ?”

Untuk keperluan tersebut mereka membutuhkan data-data tentang diri anda seperti :

1. Nama lengkap

2. Tempat tanggal lahir

3. jabatan di tempat kerja

4. Alamat lengkap tempat tinggal

5. Alamat lengkap tempat bekerja.

6. Hoby

7. No telpon rumah, Ponsel dan No faks

8. Foto / scan SIM / KTP

Setelah data diri anda dikirimkan ke sana untuk disampaikan pada bank tempat rekening atau warisan yang mereka miliki, bank akan mengatur proses pemindahan rekening ke rekening anda. Setelah proses transfer selesai anda diminta untuk mengambil sejumlah uang untuk mengatur proses pembuatan visa / paspor agar mereka bisa datang ke negara anda. Itu menurut versi mereka. Kenyataanya adalah nanti anda akan dimintai sejumlah uang dengan berbagai alasan agar bisa bertemu. Mungkin mereka kekurangan uang untuk membeli tiket pesawat sehingga minta tolong untuk dipinjami dan akan dikembalikan setelah saling bertemu. Apabila anda mau memberikan uang pada mereka berarti anda sudah menjadi korban para Scammmer.

Scammer adalah orang yang berusaha untuk mengambil uang dari orang lain dengan berbagai macam alasan melalui layanan internet baik melalui kontak email setelah jebakan mereka berhasil menemukan sasaran. Mereka pura-pura jadi perempuan padahal mereka laki-laki. Dengan menggunakan foto-foto perempuan mereka berusaha menipu kita. “JADI HATI-HATI TERHADAP PARA SCAMMER” jangan sampai jadi korban mereka.


Tidak ada komentar: